Pertanian

Sambung Sisip Jambu Air Dengan Teknik Mudah dan Cepat

Sambung sisip apakah itu? Sahabat baru mendengarnya ? sama berarti kita sama-sama belajar yuk tentang satu hal ini. Sambung sisip kira-kira teknik menanam yang dilakukan dengan cara bagaimana ya apakah sama dengan mencangkok ?
Untuk menjawab rasa penasaran kita semua kali ini lingkuptani.com akan membagikan informasi terkait sambung sisip Jambu Air. Tanaman Jambu Air yang sudah tinggi menjulang juga akan berbuah.

Tak banyak yang tahu jika Jambu air juga bisa dilakukan teknik sambung sisip pada pohonnya lho sahabat. Sahabat bisa membaca artikel lainnya terkait cara menanam dan mencangkok serta perawatan tanaman lainnya di lingkuptani.com.

Baca Juga : Cara Menanam Jambu Mete

#Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam melakukan sambung sisip Jambu Air.

Hal yang harus diperhatikan

#Entres

  • Syarat entres yang baik adalah yang masih muda namun sudah kerass. Memliki tingkat kekerasan sedang tidak lembek , namun memiliki daun yang hijau. Berbeda dengan sambung sisip pada Mangga yang digunakan adalah sambung sisip entres yang sudah tua.
  • Sahabat bisa menggunakan entres yang berbentuk masih muda dan tidak perlu menunggu masa derman, pada masa pertunasan pun bisa digunakan.
  • Hindari entres yang masih berwarna merah karena akan mudah layu dan empuk yang akan mudah menyusut jika pada saat diikat dengan tali akan menguap kadar airnya serta mudah hancur.
  • Hindari pula entres yang terlalu tua yang sudah kelelhan berbuah dan setelah berbuah sehingga akan menghasilkan perkembangan tanaman yang lambat dan jelek.

“Entres muda akan lebih mudah menghasilkan tunas yang bagus dan cepat. ”

#Rootstock

  • Mungkin ada beberapa yang baru mendengar istilah ini. Rootstock adalah bagian batang pada tanaman atau pada akar.
  • Dalam sisip sambung Jambu air ini kita harus memperhatikan rootstock dengan menghasilkannya dengan semai atau cangkok. Syarat jika berasal dari cangkok adalah : tanaman sehat, perakaran bagus, dan jika dikelupas kambiumnya basah. Namun dalam hal ini rootstock dari semai yang dianjurkan.
  • Sahabat juga bisa menggunakan tanaman dewasa sebagai rootstock yang nantinya akan disebut sebagai sisip untuk top working.

Baca Juga : Cara Menanam Semangka

Siapkan Alat Dan Bahan

  • Tissue
  • Pisau
  • Bibit Jambu Air/tanaman Dewasa/rootstock
  • Air
  • Plastic
  • Alcohol
  • Tali /plastic/solatip

Langkah Yang Di Lakukan

  1. Bersihkan pisau dengan alcohol dan tisuue
  2. Siapkan rootstock yang memiliki kualitas cambium bagus serta basah dan tidak kering karena kan rawan gagal. Pilihlah rootstock yang basah dan mudah dikelupas , berkambium basah.
  3. Buka pada salah satu bagian tengah batang rootstock yang telah dipilih.
  4. Tempelkan entres pada rootstock dengan rapi dan menempel semua pada rootstock.
  5. Masukan dan kencangkan entres pada rootstock dengan rapi kemudian di ikat dari bawah dengan tali /plastic atau solatip.
  6. Setelah diikat dengan kencang dan rapi tunggu hingga sisip tumbuh dan lakukan perawatan tanaman agar tetap berkembang.

Demikian sahabat ulasan tentang sisip sambung Jambu Air semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua ya. Teknik ini hanya salah satu dari beberapa teknik yang ada.

Silahkan Sahabat bisa mencobanya dan bisa berhasil dalam mempraktikannya.
Semoga bermanfaat jangan lupa jaga selalu kesehatan pada saat pandemic ini. Tetap dirumah saja dan tetap produktif. Salam semangat.

You might also like

One Reply to Cara Sambung Sisip Jambu Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *