Breaking News

Pupuk Dasar Tanaman Cabai

Sahabat pernahkan kita mengamati proses penanaman Cabai? Proses dasar atau awal menjadi hal yang sangat penting. Jika kita perhatikan maka pengolahan lahan dan setelah itu adalah pemupukan.
Pupuk merupakan nutrisi tambahan untuk membantu perkembangan tanaman. Dengan pupuk tanaman yang memiliki pertumbuhan kurang bagus akan bisa terbantu dan bisa diperbaiki. Khusunya pada tanaman Cabai kita bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk organic lainnya.
Lahan yang sudah berumur 2 minggu di biarkan hingga tanah menggembur. Agar tanah tidak mudah longsor buat posisi datar pada lahan. Tepat ditengah-tengah lahan bedengan berilah pupuk dasar.

Baca Juga : Cara Peremajaan Tanaman Cabai

Bagaimana Contoh Penghitungan Penggunaan Pupuk Dasar ?

  • Penggunaan pupuk dengan takaran untuk 1000 pokok tanaman itu menggunakan pupuk dasar 50 Kg dengan cara ditebar pada lahan bedengan agar terjadi pengapuran untuk menjaga Ph tanah.
  • Gunakan pupuk dasar yang terdiri dari SP36, PONSKA,dan juga KCL. Untuk 1000 tanaman cabai menggunakan 20 Kg pupuk SP36, 20 Kg PONSKA dan juga 10 KG KCL.
  • Aduk dan campur hingga rata lalu tebarkan pada gundukan pada lahan bedengan yang telah siap diberi pupuk.
  • Setalah pupuk sudah ditebarkan maka tutup kembali dengan tanah agar pupuk tidak di ganggu oleh hama yanag akan menyerang lahan.
  • Lakukan pengairan dengan cara mengairi tanah pada lahan yang sudah diberi pupuk bagian tengah. Fungsi dari proses ini adalah agar pupuk yang kita tebarkan terlarut dan menyatu pada tanah dengan baik dan kondisi tanah lembab.
  • Jangan letrakan puypuk dasar di pinggir supaya proses peresapan pupuk pada tanah bisa berjalan dengan baik dan optimal.

Baca Juga : Cara Menanam Paprika

Tujuan Pemberian Pupuk Dasar

Pupuk dasar pada tanaman khususnya tanaman cabai merupakan cara gar masa generative agar tercukupi dan memberikan tambahan PH tanah yang lebih cukup.

Langkah-Langkah Yang DiLakukan :

  1. Siapkan bedengan pada lahan yang sudah siap dan sudah di resapi air.
  2. Lakukan dengan cara spray pupuk Bioboost pada lahan yang akan di tutup plastic mulsa jangan pada bagian yang tidak di beri plastic mulsa.
  3. Lakukan spray dengan deras airnya sehingga akan membantu menghilangkan banyak bakteri.
  4. Tutup kembali tanah yang sudah di spray dengan plastic pulsa lalu rekatkan.
  5. Lakukan penjepitan plastic agar tidak lepas dan pupuk bisa terlindungi.
  6. Pupuk bioboost yang digunakan hanya 1 Liter dan harus menggunakan tangki yang bersih agar terhindar dari bakteri.

Pupuk dasar juga berguna untuk kesuburan tanaman. Jika pupuk awal yang diberikan memiliki kulaitas yang sangat bagus dan dengan porsi yang aps PH tanah akan cukup. Tanah juga harus memiliki kadar air yang cukup agar fondasi awal penanaman cabai bisa baik sehingga hasil dari penanaman akhir pun maksimal.

Baca Juga : Mengatasi Bunga Kelengkeng Rontok

Pupuk yang bisa kita gunakan berasal dari pupuk kandang misalnya kotoran sapi,kotoran ayam,kotoran kambing. Dari segi kandungan nutrisinya kotoran kambing memiliki kandungan yang lebih bagus diantara yang lain. Silahkan sahabat bisa memilih alternative pupuk sesuai dengan keinginan.
Pupuk organik tambahan yang digunakan seperti yang telah disbutkan diatas diantaranya SP36,PONSKA, dan juga KCL. Beberapa pupuk tersebut bisa juga menjadi pilihan sahabat dalam memberi nutrisi lahan sebelum menanam bibit cabai.

Hal yang paling terpenting dalam pemupukan awal adalah takaran pupuk, kadar air serta teknik penyemprotan pupuk secara benar. Sehingga tanah atau lahan yang akan kita tanami Cabai bisa memiliki kualitas unsur tanah yang sangat bagus.

Demikian semoga bermanfaat.

About Sa Imam

Check Also

Cara Menanam Jambu Mete

Jambu yang memiliki bentuk unik ini berbeda dengan Jambu biasanya. Letak perbedaannya terletak pada bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *