Breaking News

Perawatan Tanaman Sawi Pasca Tanam

Perawatan adalah cara yang dilakukan agar petumbuhan tanaman berjalan dengan baik. Dengan perawatan apa yang tumbuh dalam tanaman bisa mendapatkan kebutuhannya. Perawatan dengan memberi pupuk susulan misalnya ya sahabat maka nutrisi tanaman akan tercukupi.
Perawatan biasanya ada beberapa tahapan dan dilakukan secara berkala ada yang perawatan pada saat penyemaian benih , pada saat penyiraman tanaman , atau bahkan masa menjelang panen agar hasilnya baik dan berkualitas.

Sawi merupakan sayuran yang rentan terkena hama dan penyakit ya sahabat. Proses pertumbuhannya yang tidak membutuhkan waktu yang lama pula hanya dengan sekitar 45 hari bisa dipanen.
Sawi terkadang terkena hama dan penyakit berupa ulat dan daun yang mengering karena kekurangan air. Bahkan Sawi bisa terserang busuk juga karena kelebihan asupan air. Biasanya daun yang terkena ulat, daun akan dimakan sampai dengan batang sehingga daun tidak bisa tumbuh.

Baca Juga : Cara Menanam Sawi.

Apa Saja Sih Perawatannya ?

#Lakukan Pemupukan

  • Sawi yang kita tanam akan kembali membaik jika sawi memperoleh nutrisi. Nutrisi didapat dari pupuk dengan cara yang cukup mudah yaitu dengan pemupukan dengan pupuk yang mengandung vitamin bagi petumbuhan Sawi.

#Lakukan Penyiraman

#Lakukan Penyemprotan

  • Penyemprotan dengan pupuk oragnik seperti biasanya yang tersedia di toko pertanian terdekat sahabat.
  • Penyemprotan dengan penyubur agar tanaman bisa tumbuh denga baik dan tidak mengalami hambatan dalam pertumbuhan.
  • Apabila penyemprotan dilakukan rutin selama selang waktu 7 hari maka akan memeperoleh hasil yang maksimal.
  • Penyemprotan juga bisa dengan tujuan menyingkirkan hama dan penyakit seperti ulat daun. Biasanya bahan aktif yang digunakan adalah Revaton dengan dosis 10 ml per 1 tangki(14 Liter).
  • Lakukan penyemprotan dengan volume sedang dan pastikan semua tanaman Sawi memperoleh semprotan tersebut.

#Lakukan Penimbunan Tanah

Penimbunan tanah atau orang jawa biasa menyebutnya besriki adalah cara yang dilakukan dengan Sawi ditutup dengan tanah sekitar kanan kirinya agar tanaman bisa ternaungi dengan baik. Cara ini dilakukan apabila atahap pemupukan dan penyemprotan sudah dilakukan ya sahabat.

Baca Juga : Cara Menanam Jahe.

#Pembersihan Gulma

  • Cara ini dilakukan apabila area mulsa pada lahan yang ditanami Sawi terdapat rumput liar atau tanaman yang mengganggu Sawi.
  • Jika rumput tidak segera di bersihkan otomatis pertumbuhan Sawi akan berjalan kurang baik.
  • maka perlunya dilakukan langkah ini

#Perawatan Menjelang Pemanenan

  • apabila Sawi sudah berumur kurang lebih 45 hari maka proses pemanenan siap dillakukan.
  • Namun sbelum itu pastikan Sawi tidak terkena ulat daun dan ngretek ya sahabat.
  • Pada masa ini penyubur juga bisa di berikan lagi ke tanaman Sawi ya sahabat . jadi nanti pada proses pemanenan hasil yang di dapat bisa maksimal.

Nah itu tadi sahabat proses perawatan pada Sawi yang bisa kita coba pada tanaman Sawi kita. Jadi intinya proses perawatan sangat penting terutama pada pasca tanam tidak hanya pada waktu penyemaian atau peletakan pada media tanam.

Proses penanaman yang baik bisa sahabat lihat pada cara menanam Sawi dan simak langkah-langkah yang benar dan dilakukan ya .
Demikian pembahasan kali ini semoga menambah semangat dalam budidaya dan seputar tanaman.
See you.

About Sa Imam

Check Also

Cara Menanam Jambu Mete

Jambu yang memiliki bentuk unik ini berbeda dengan Jambu biasanya. Letak perbedaannya terletak pada bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *