Breaking News

Mengatasi Layu Fusarium Pada Tanaman Cabe

Dalam budidaya tanaman cabe skala kecil atau besar tentu tidak lepas dari kendala satu ini. Sahabat Sering kita temui fenomena layu pada tanaman cabe yang fusariumnya sudah tidak bagus lagi. Penyakit ini disebabka oleh cendawan fusarium oxysporum. Layu fusarium bisa menyerang tanaman cabe kapan saja terutama pada musim hujan. Karena cendawan oxysporum mudah berkembang biak dan mudah menyebar dari satu tanaman ke tanaman lainnya.


Baca Juga : Cara Menanam Cabe Dalam Polybag

Tingkat kelembapan udara yang tinggi sangat berpengaruh terhadap perkembang biakan cendawan penyebab layu fusarium ini. Genangan air hujan di lahan dan pH tanah yang rendah juga turut memperngaruhi perkembang biakannya.
Gejala serangan fusarium oxysporum ditandai dengan tanaman cabe yang tiba-tiba layu pada siang hari dan akan segar kembali pada sore hari.

Hal ini berlangsung selama 7-10 hari hingga kemudian tanaman yang terserang akan mongering dan mati. Serangan layu fusarium bisa terjadi pada semua fase pertumbuhan tanaman cabe, mulai dari pembibitan,tanaman muda hingga tanaman cabe yang sudah berproduksi.


“ Serangan penyakit ini jika tidak segera di tangani dapat menurunkan hasil produksi bahkan dalam beberapa kasus dapat menggagalkan panen.”

Bagaimana Cara Mengatasinya?

#Mengguanakan Fungsida Triadimenol

Adapun cara yang sudah terbukti ampuh dan mujarab untuk mencegah , mengobati dan menyembuhkan tanaman cabe yang sudah terserang penyakit layu fusarium adalah dengan menggunakan bahan aktif fungsida Triadimenol.

Triadimenol merupakan bahan aktif fungsida yang bekerja secara system dan mudah diserap oleh semua jenis tanaman terutama tanaman cabe baik melalui daun, akar dan kemudian disebarkan keseluruh bagian tanaman sehingga tanaman sangat terlindungi dari jamur apapun.

Bagaimana Cara Kerja Triadimenol Pada Layu Fusarium?

Triadimenol mampu memberikan perlindungan menyeluruh dari ujung akar hingga daun. Bahan aktif ini juga berfungsi sebagai pelindung dan penyembuh tanaman dari serangan jamur dan pasti segala jenis jamur bisa dimusnahkan.

Untuk saat ini baru sedikit perusahaan yang mengeluarkan produk fungsida ini dengan bahan aktif Triadimenol namun yang sudah beredar di pasaran adalah dengan nama Bayfidan. Sahabat bisa mengeceknya di toko pertanian terdekat.

Baca Juga : Peremajaan Tanaman Cabe

Cara Penggunaan Fungsida Ini Untuk Pengendalian & Penyembuhan Layu Fusarium Pada Tananaman Cabe Sebagai Berikut :

  • Beli dan siapkan bahan aktif Triadinmenol yang berbentuk butiran atau granule.
  • Campurkan dengan dosis 10-20 gram ke dalam 16 Liter air kemudian aduk rata hingga benar-benar larut sempurna.
  • Tuangkan kocoran secukupnya ke semua pangkal tanaman cabe baik tanaman cabe yang masih sehat maupun yang sudah layu fusairumnya.
  • Ulangi pengocoran dengan rentang waktu 10-15 hari dan ushakan jangan campurkan bahan aktif ini dengan pestisida lainnya.

Bagaimana sahabat tertarik untuk mencobanya ? bahan aktif ini bisa kalian temukan di toko pertanian terdekat. Semoga bermanfaat.

About Sa Imam

Check Also

Cara Menanam Jambu Mete

Jambu yang memiliki bentuk unik ini berbeda dengan Jambu biasanya. Letak perbedaannya terletak pada bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *