Perikanan

Ikan Botia: Jenis, Harga, Cara Merawat & Cara Budidaya [2020]

Jenis ikan satu ini juga tak sing pada masa sekarang sahabat. Selain arwana , black ghost , koi dan ikan badut sekalipun ikan botia tidak kalah hits loh. Ikan yang menawan ini juga menarik perhatian berbagai kalangan.

Ikan ini memiliki popularitas yang sangat tinggi juga sahabat jadi jangan kaget yah jika kalian menemukan ikan satu ini pasar ikan menjadi bestseller banget. Oke ?

Ikan ini memiliki habitat asli di perairan dan arus yang terus mengalir sehingga apabila kita memeliharanya harus membuatkan arus tiruan agar ikan tidak merasa kehilangan habitat aslinya. Bentuk arus dan aliranya seperti pada umumnya dalam aquarium. Nah tujuannya agar ikan Botia cepat beradaptasi ya sahabat.

Warna dan corak hitam di tubuhnya hampir seperti ikan Nemo namun perbedaannya terletak pada ekor yang menjuntai. Jika ikan Nemo mungil dan berekor pendek berbeda dengan jenis ikan ini. So, jangan salah ya…..

Karakter Khas Ikan Botia

  • Ikan Botia adalah ikan yang hidup secara berkeompok dan berjalan secara bergerombol  serta berenang secara bersamaan jadi jarang sekali kita temukan jika ikan Botia tidak memiliki kelompok ya sahabat.   
  • Ikan Botia adalah ikan koloni apabila hidup dalam bergerombol mereka akan merasa nyaman dan terhindar dari stress jadi pilihan terbaik jika kita memelihara ikan Botia dalam satu aquarium kita isi 5-6 ekor ikan Botia.
  • Ikan Botia ini sering kali melakukan aktivitas secara bersamaan.
  • Hal unik yang paling aneh dalam ikan Botia ini adalah ketika ikan Botia berpura-pura mati dengan memiringkan sebelah badanya layaknya sedang tertidur padahal hal ini adalah wajar dan sering dilakukan oleh ikan Botia ini ya sahabat.
  • Ikan ini tergolong ikan hias yang cukup rakus dalam hal makanan, mulut mungil mereka yang berada di ujung kepala nyaris tidak bisa berhenti mencari makanan  pada substack yang ada.
  • Ikan Botia tergolong dalam karnivora sahabat walaupun bisa juga memakan makanan jenis lain karena kerakusannya. .

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Botia

Membedakan jenis kelmain ikan Botia merupakan hal yang tidak begitu sulit dilakukan. Sahabat bisa melakukannya dengan mudah.

Ikan Botia Jantan

  • memiliki ciri fisik yang lebih menonjol pada bagian ekornya lebih panjang disbanding dengan ikan Botia betina.

Ikan Botia Betina

  • Mempunyai bentuk tubuh yang lebih ramping disbanding dengan ikan Botia jantan.

Nah itu tadi ciri fisik yang bisa kita gunakan untuk membedakan , sangat mudah bukan ?

Tips

Ikan Botia masuk dalam jenis karnivora namun bisa memakan jenis lainya. Memelihara ikan botia terasa cukup sulit bagi seorang pemula namun hal ini tidak menjadi hambatan bagi pemula untuk memelihara ikan Botia di aquarium hal ini di dukung dengan bukti beberapa pemelihara yang telah berhasil ikan jenis ini.

Faktor tersulit dalam memelihara ikan jenis ini adalah menentukan usia yang tepat karena ciri fisik yang kecil dan mungil. Ikan Botia yang siap untuk reproduksi ketika memiliki ukuran tubuh 15-20cm. Ikan Botia betina yang sudah memiliki panjang kisaran tersebut biasanya sudah memiliki sel telur yang cukup tinggi sehingga siap untuk reproduksi.

Nah demikian sahabat informasi tentang ikan Botia, beberapa informasi yang kita dapatkan sebagai tambahan wawasan kita bersama ya sahabat. Jangan lupa dukung selalu lingkuptani.com dengan memberikan komentar pada kolom di bawah ini. Semoga bermanfaat.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *