Breaking News

Cara Mengatasi Bunga Mangga Rontok

Siapa yang tidak mengenal buah Mangga ?

Buah yang memiliki daging tebal dan sangat lezat di konsumsi ya sahabat. Mangga bisa hidup di pekarangan rumah dan juga bisa di tanam di daerah perkebunan. Sering kali ada beberapa masalah dalam proses pertumbuhan buah satu ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bunga Kelengkeng Rontok

Salah satu masalah yang muncul dalam proses pertumbuhan Buah Mangga adalah gagalnya pembuahan yang di awali dengan bunga Mangga yang rontok. Bunga yang rontok akan menyebabkan gagal pembuahan dan tidak bisa menjadi buah.
Tanaman buah Mangga yang sudah berbunga sering mengalami kerontokan. Bila kerontokan banyak akan menimbulkan kerugian hasil panen. Sahabat, penangan bunga Mangga yang rontok harus segera di atasi agar buah Mangga dapat berbuah dengan maksimal.

Umumnya tanaman Mangga bisa tumbuh dengan baik , sehat dan rimbun tajuknya. Namun setelah bunganya lebat banyak bunga yang rontok atau berguguran. Kerontokan bisa di sebabkan karena berbagai factor.

Faktor Penyebab Bunga Mangga Rontok

  • Cuaca mengalami gangguan dan kondisi yang buruk
    Kondisi ini bisa berupa hujan yang sangat lebat, kemarau panjang, kekeringan dan juga terpaan angin kencang. Bunga bisa rontok karena hujan yang sangat deras serta jika dalam
    keadaan kekeringan bunga kurang mendapatkan air maka akan rontok pula.

Begitu pula pada saat anginya kencang bunga akan rontok karena terkena terpaan udara yang begitu besar. Jadi cuaca sangat berpengaruh terhadap kondisi bunga pada tanaman Mangga ya sahabat.

Baca Juga : Cara Pemilihan Benih Padi Yang Unggul

  • Penyerbukan Yang Gagal
    Penyerbukan adalah bertemunya serbuk betina dan jantan yang akan menghasilkan buah nantinya. Namun apabila hal ini tidak berjalan dengan baik maka buah akan gagal tumbuh yang diawali oleh rontoknya bunga Mangga.
  • Cocok Tanaman Yang Salah
    Idealnya tanaman Mangga yang berbuah adalah tanaman yang telah dewasa namun tak jarang ada beberapa orang yang memaksakan tanaman Mangga berbuah dalam umur yang masih muda, sehingga di lakukan berbagai teknik agar tanaman bisa berbuah dengan cepat.

Hal ini tentunya dapat merusak kondisi bunga jika teknik yang di lakukan kurang tepat. Bunga yang sudah dewasa akan mengalami penyerbukan secara alami dan nantinya maksimal dalam menghasilkan buah.

  • Hama Yang Menyerang
    Dalam kondisi bunga Mangga yang rontok juga bisa disebabkan oleh hama dan penyakit yang menyerang. Serta kurangnya pupuk serta mutrisi pada tanaman.

Hal-Hal Yang Harus Di Siapkan

  1. Siapkan Pupuk MPK dan KNO3
  2. Siapkan satu buah ember danpengaduk
  3. Sediakan 2 liter air sebagai pelarut

Langkah-Langkah Yang Di Lakukan

  • Siapkan 2 liter air sebagai pelarut yang nantinya akan di campur dengan pupuk.
  • Larutkan pupuk 1 sendok ke dalam setiap 1 liter air.
  • Campurkan dan aduk secara merata dengan arah yang sama.
  • Jika larutan sudah siapkan lalu siramkan ke sekitar tanaman Mangga dan pastikan terserap oleh akar.
  • Gunakan pupuk sesuai dosisnya dan jangan berlebihan. Lihat perubahan hasilnya dalam beberapa minggu sahabat.

Pencegahan dengan system kocor ini berfungsi untuk memperkuat tanaman agar bunga Mangga tidak rontok karena dari akar nutrisi di sakurkan ke dalam bunga dan buah. Pencegahan juga dapat dilakukan sbelum bunga Mangga terserang hama dan mengakibatkan rontok.

Demikian sahabat beberapa ulasan kali ini. Tentunya sangat mudah untuk kita praktekan sedniri di rumah. Selamat mencobanya ya.

About Sa Imam

Check Also

Cara Menanam Jambu Mete

Jambu yang memiliki bentuk unik ini berbeda dengan Jambu biasanya. Letak perbedaannya terletak pada bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *