Pertanian

Cara Menanam Pohon Kelor [ Perhatikan Langkah dan Tahapannya ]

Pohon Kelor yang sudah tidak asing lagi kita dengar sahabat. Pohon dengan daun yang kecil-kecil dan bisa dijadikan sebagai bahan masakan atau sayuran ini memiliki banyak sekali manfaatnya lho.
Pohon Kelor pada masa sekarang ini tergolong masih sepi peminat dan bahkan tak jarang masih ada masyarakat yang belum mengetahui bentuk dan rasanya. Pohon Kelor akan menghasilkan daun kelor yang daunnya bisa di masak.

Baca Juga : Cara Menanam Paprika.


Rasa daunnya memang unik namun apabila sudah dipadukan dengan bumbu rempah dan soup ayam rasanya akan mengena di lidah deh sahabat. Perlu kita ketahui bahwa daun Kelor itu tidak berbahaya jika di masak asal jangan berlebihan ya.

Batang pohon Kelor juga bisa di manfaatkan sebagai kayu dan bahan untuk membuat berbagai barang seperti kursi, kertas, dan lain sebagainya. Namun pohon Kelor sediri yang sangat terkenal adalah daunnya “Daun Kelor” yang bisa kita masak.
Jika kita kesulitan dalam mencari daun Kelor apakah tertarik untuk menanamnya sendiri ? Tentu hal ini bisa kita coba bukan ? Karena nanti akan bermanfaat jika pohon sudah tumbuh dan berhasil. Kita dapat menikmati daunnya tanpa membeli.

Cara menanam pohon Kelor sama seperti menanam tanaman lainnya seperti yang sudah di jelaskan lingkuptani.com namun ada sedikit perbedaan . Lalu bagaimana sih tahapannya dan apa saja persiapannya. Simak yuk…

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Di Polybag.

Persiapannya Apa Saja Ya Sahabat ?

  • Siapkan lahan yang akan ditanami.
  • Siapkan plastic berukuran sedang.
  • Siapkan batang pohon Kelor
    “Batang yang akan ditanam adalah batang Kelor yang masih usia tanam dengan dipangkas bagian atasnya sehingga tidak memiliki daun ”
  • Silahkan kuliti batang Kelor yang sudah siapkan dengan cara mengupas kulit batang bagian bawah dengan jarak sekitar 10cm.
  • Air untuk menyiram tanaman.
  • Linggis yang befungsi untuk membuat lubang tanam.

Tahapan Yang Di Lakukan

  1. Siapkan media, alat dan bahan serta paling penting adalah siapkan lahan
  2. Buatlah lubang tanaman pada lahan dengan alat linggis kedalaman 5-10 cm.
  3. Tanam batang Kelor yang sudah di kuliti tersebut lalu tancapkan ke lubang tanam.
  4. Setelah batang di masukan tutuplah kembali dengan tanah dan rapatkan.
  5. Berilah penyiraman yang cukup serta jangan lupa untuk mengecek agar tanah selalu dalam keadaan lembab.
  6. Pada bagian ujung batang tutuplah dengan plastic yang sudah di siapkan. Hal ini bertujuan agar batang yang ditanam tidak layu terkena matahari

Baca Juga : Cara Menanam alpukat.


Perhatian

Sahabat, menanam pohon Kelor memang sedikit sulit tumbuh jika tidak memperhatikan teknik menanamnya yang di anggap sepele. Salah satunya dengan mengkuliti batang sebelum ditanam. Hal ini menjadi sangat penting karena pohon Kelor bisa tumbuh dengan cara itu.

Sahabat bisa mencobanya dirumah dan mempraktekannya. Mengkuliti batang kelor hampir sama dengan proses pencangkokan tanaman namun apabila dalam mencangkok hasil dari batang yang di kuliti di bungkus dengan plastic.
Berbeda dengan pohon Kelor, batang yang sudah di kuliti 5-10 cmlangsung ditanam di lahan dengan di padatkan. Hal ini akan membantu akar untuk tumbuh tentunya dengan bantuan perawatan.

Nah itu tadi penjelasan tentang bagaimana sih cara menanam pohon Kelor . semoga bisa di coba dan berhasil ya sahabat.
Terima kasiih.

You might also like

2 Replies to Cara Menanam Pohon Kelor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *