Pertanian

Cara Menanam Pakcoy (Sayuran Segar & Hijau Bervitamin )

Pakcoy adalah sejenis Sawi kecil yang imut memiliki daun yang lembarannya segar dan sangat hijau. Bentuknya yang khas seperti sendok ini juga biasa disebut Sawi sendok. Sayuran ini biasanya dijadikan campuran pada soup atau mie.
Sahabat tahu nggak sih Pakcoy mengandung banyak manfaat. Banyak juga vitamin didalamnya. Zat hijau yang ada dalam daun juga tinggi serta baik untk tubuh. Sahabat jangan ragu lagi nih untuk mengkonsumsinya ya.

Baca Juga : Cara Sambung Sisip Jambu Air

Pakcoy sangat mudah tumbuh dimana saja. Biasanya sayuran ini menjadi favorit masyarakat untuk dijadikan tanaman karena masa tanam dan panen yang sangat singkat. Sayuran ini bisa dipanen sekitar 40 hari.
Sangat mudah bukan ?
Tentu saja berbicara soal Pakcoy ini kita semua sedikit terlintas dengan masakan Korea atau Jepang. Saat ini Pakcoy hitz dikalangan anak-anak milenial yang menjadikan Pakcoy sebagai masakan dan dijadikan ASMR atau video makanan tanpa memperlihatkan wajahnya dan focus pada makanannya.

Berbagai daerah di Indonesia sudah tak asing lagi dengan tanaman satu ini. Dari Sabang sampai Merauke dengan jenis tanaman yang ditanam pada pot atau polybag maupun yang asli petani menanam di lahan.
Nggak ada salahnya kita semua mencoba bukan ?

Langkah dan Persiapan

1. Siapkan Bibit Pakcoy

Bibit bisa sahabat dapatkan di toko bibit yang siap tanam. Atau sahabat juga bisa menyemainya sendiri. Ada beberapa teknik penyemaian yang seperti tertera di cara menanam Sawi.
Sahabat bisa cek dan langsung baca lingkuptani.com untuk melihat berbagai macam teknik penyemaian.

3.Siapkan Lahan

Lahan yang akan ditanam juga perlu dipersiapkan komposisinya. Sahabat bisa menggunakan sekam , kompos dan pupuk kadang untuk membantu menggemburkan tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
Lahan yang sudah diberi plastic mulsa atau lubang tanam akan lebih baik pada saat tanaman tumbuh nantinya.
Tentu lahan yang sudah dirapikan dan di garap. Apabila sahabat menanam dipolybag perbandingan yang digunakan juga sama.

3.Tanam Bibit

Setelah semua siap pilihlah bibit yang sudah siap tanam untuk dipindahkan ke lahan. Tanam bibit kedalam lubang pada lahan.
Setelah proses semua selesai lakukan penyiraman dengan baik.

Baca Juga : Cara Menanam Jambu Mete

Proses Perawatan

Pakcoy akan memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan pada saat berumur 8 hari. Daun dan batang sudah mulai berkembang dan pada saat umur 28 hari Pakcoy siap untuk di panen.

Hasil ini tentunya tidak luput dari penyiraman , pemberian nutrisi dan juga perawatan yang rajin. Bagi sahabat yang tertarik untuk menanam silahkan langsug saja mencobanya ya.
Karena cara yang sangat mudah ini bisa dilakukan siapa saja.

Manfaat Menanam Pakcoy

  1. Waktu panen sangat singkat sehingga bisa sebagai tambahan pemasukan rumah tangga.
  2. Memanfaatkan waktu luang dengan tanam menanam.
  3. Mengkonsumsi Pakcoy hasil tanam sendiri tanpa adanya bahan kimia yang tercampur.
  4. Sangat mudah dilakukan dirumah.

Demikian sahabat seputar tanam menanam Pakcoy. Untuk informasi lainnya sahabat bisa membaca di situs kami lingkuptani.com. Di sini kita akan belajar bersama-sama bagaimana proses tanam menanam berbagai macam sayuran , buah dan bunga.

Jangan lupa untuk selalu dukung situs ini dengan cara memberikan komentar di kolom yang tertera. Saran dan masukan bisa kami terima lewat email ya sahabat.
Semoga bermanfaat…..

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *