Pertanian

Cara Menanam Jambu Mete [Yuk Simak Penjelasannya]

Jambu yang memiliki bentuk unik ini berbeda dengan Jambu biasanya. Letak perbedaannya terletak pada bagian pada ujung buah yang ada bijinya. Warna dan bentuknya hampir mirip Jambu air.

Jambu Mete biasanya tumbuh disekitaran lading atau lahan yang luas ya sahabat. Namun bisa juga ditanam pada halaman rumah. Adakah yang bertanya-tanya Jambu Mete gimana sih cara menanamnya ?

Sangat mudah sebenarnya menanam Jambu Mete , persiapan yang dilakukan pun juga dengan mudah. Seperti cara menanam tanaman lain bisa sahabat cek di lingkuptani.com. Untuk itu kita ulas bersama-sama bagaimana cara menanam Jambu Mete.

Baca Juga : Cara Menanam Kemangi

Seperti cara menanam tanaman lain misalnya cara menanam Pepaya Di Pekarangan Rumah tak jauh beda dengan cara menanam Jambu Mete. Jambu Mete yang sudah matang akan memiliki warna yang merona dan akan memliki biji pada ujung buahnya.
Selain sebagai buah Jambu Mete juga dapat dijadikan ekstrak jamu herbal dan obat-obatan herbal. Karena kandungan yang ada didalam Jambu Mete juga sangat bagus untuk kesehatan. Apalagi pada masa pandemic ini.
Sahabat bisa menstock pada masa-masa ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk simak ulasan bagaimana cara menanam Jambu Mete yang bisa sahabat coba dirumah. Langsung saja ikuti beberapa persiapan berikut ini.

Baca Juga : Cara Menanam Pohon Kelor

• Persiapkan Media

• Persiapkan Biji Yang Akan Disemai

• Siapkan Air

• Cangkul

• Cup Kecil

• Pisau atau gunting

Langkah Yang Di Lalui

Siapkan Media

  • Media yang harus disiapkan berupa polybag dengan di isi tanah , sekam yang dibakar , dan pupuk organic.
  • Campurkan tanah, sekam yang sudah diabakar dan pupuk organic dengan perbandingan 1 : 1 : 1 .
  • Jika semua sudah tercampur maka masukan kedalam polybag.

Basahi Media

Setelah media sudah siap lalu siram dengan air secukupnya dengan cara di aduk-aduk hingga semua bagian pada polybag tercampur dan basah.

Rendam Biji Jambu Mete

Setelah biji dikeluarkan dari buahnya maka rendam selama beberapa menit kedalam air bersih. Bersohkan dengan pisau bagian biji yang masih berserabut hingga bersih.

Rendam Dengan Air Hangat

Setelah dibersihkan maka siapkan cup yang di isi air hangat lalu masukan biji yang telah bersih tersebut kedalam cup.

Rendam Pada Larutan Perangsang Akar

Setelah langkah 4 sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah merendam biji kedalam larutan perangsang akar yang bisa sahabat dapatkan di toko pertanian terdekat.

Masukan Biji Kedalam Media

  • Langkah ini merupakan langkah terahir yaitu menanam biji kedalam media polybag.
  • Jangan lupa masukan cucupit pada bagian atas tanah media yang sudah tertutupi.
  • Siram media sekali lagi dan aduk.
  • Tutup dengan beberapa cup pada bagaian biji yang diletakan pada media polybag.
  • Tunggu beberapa minggu maka akan terlihat pertumbuhan Jambu Mete.

Untuk menjawab rasa penasaran sahabat bisa langsung menanamnya dirumah. Jangan lupa untuk selalu menaati protocol kesehatan ya sahabat. Setelah beberapa hari proses penanaman Jambu Mete akan mulai tumbuh dan berkembang.

Jangan lupa pula untuk melakukan perawatan dan penyiraman secara berkala serta cukupi kebutuhan nutrisi pupuk organic. Sekian pembahasan kali ini , nantikan pembahasan terkait pertanian lainnya hanya di Lingkuptani.com
Salam semangat…

You might also like

2 Replies to Cara Menanam Jambu Mete

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *