Breaking News

Cara Menanam Jagung

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Apakabar sahabat lingkuptani? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan. Kali ini kita akan membagikan informasi tentang panduan budidaya Jagung yang baik dan benar. Jagung adalah tanaman semusim atau annual yang hanya dapat berbuah sekali saja dalam satu musim.
Tinggi Jagung sangat beragam yang berkisar antara 1-3 meter saja. Namun ada beberapa jenis Jagung yang memiliki ketinggian sampai 6 meter ke atas.

Baca Juga : Cara Peremajaan Tanaman Cabai

Cara Menanam Jagung Dengan Mudah

#1.Memilih Bibit Jagung Yang Berkualitas

Hal yang pertama kali dilakukan adalah memilih jenis bibit Jagung yang akan ditanam seperti Jagung manis atau Hibrida. Kedua jenis Jagung ini sangat popular di kalangan petani dan masyarakat.
Informasi pemilihan bibit bisa didapatkan dari petani yang telah berpengalaman menanam kemudian bibit kita bisa kita dapatkan di toko pertanian terdekat sesuai informasi yang kita dapatkan.

#2.Pengolahan Lahan Yang Benar

Dalam proses ini tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan dan harus dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Bagi yang belum faham tentang bagimana mengolah lahan silahkan simak cara mengolah lahan berikut ini :

  • Menentukan lahan.
  • Membuka lahan.
  • Pembentukan bedengan.
  • Pengapuran lahan.

#3.Proses Penanaman Jagung Ke Lahan Tanam

Langkah selanjutnya adalah proses penanaman benih Jagung ke lahan tanam. Dalam proses kali ini ada beberapa hal salah satunya adalah jarak tanam yang baik kisaran 75 x 50 cm. lalu setiap lubang di isi 2 benih Jagung.
Setelah proses penanaman benih lalu tutup lubang dengan menggunakan tanah disekitar area lubang. Tanaman Jagung tidak bisa tumbuh jika area tanam terdapat genangan air yang cukup banyak dan diarea yang mengalami kekurangan air.

#4.Berikan Pupuk Ke Tanaman Jagung

Langkah selanjutnya adalah pemupukan. Jarak antara pupuk dengan tanaman tidak boleh semabarangan dan asal-asalan. Hal yang perlu di ingat adalah pemupukan dasar karena hal ini sering di abaikan para petani.
Benih Jagung ibaratkan bayi yang baru lahir dan pemupukan diibaratkan seperti ASI. Dengan kata lain pemupukan berfungsi menyiapkan nutrisi awal tanaman Jagung agar tumbuh dengan sehat.
Setelah proses pemupukan selesai kemudian tutup pupuk dengan tanah yang berguna agar nutrisi dalam pupuk tidak hilang terkena air hujan dan aliran air.

#5.Pemeliharaan Jagung

Setelah lama menunggu benih Jagung tumbuh menjadi tanaman Jagung pada tahap ini tanaman sudah tumbuh subur. Namun proses belum selesai sampai di sini,Jagung harus dirawat.
Perawatan yang dilakukan meliputi :

  • penyulapan,
  • penjarangan,
  • pembumbunan,
  • pemupukan
  • pengairan dan pencegahan hama dan penyakit

#6.Proses Panen

Proses ini adalah tahap terahir dalam penanaman Jagung dan proses yang sangat ditunggu-tunggu. Pada proses ini Jagung dapat dipanen untuk dijual atau dikonsumsi sendiri. Sebelum proses pemanenan tentukan terlebih dahulu konsumen yang akan dituju.

Setiap konsumen memiliki kepentingan yang berbeda terhadap Jagung yang kita tanam. Jangan menunda pemanenan Jagung terlalu lama karena dapat merudak buah Jagung telah tumbuh.
Sebelum pemanenan Jagung harus dicek tingkat kematangannya terlebih dahulu dengan mengupas kulit luar buah Jagung.

Baca Juga : Pemupukan Kacang panjang

Sekian informasi tentang panduan budidaya buah Jagung yang baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Wassalamu’alaikum Wr.Wb

About Sa Imam

Check Also

Cara Menanam Jambu Mete

Jambu yang memiliki bentuk unik ini berbeda dengan Jambu biasanya. Letak perbedaannya terletak pada bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *