Breaking News

Cara Menanam Cabai

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum sahabat tani,

Banyak diantara kita yang bertanya-tanya bagaimana cara menanam cabai. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang menjadi kebutuhan pokok dapur. Tanaman ini bisa tumbuh subur didataran tinggi dan sekitar kaki gunung. Namun tidak menutup kemungkinan daerah dataran rendah juga bisa ditanami cabai.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain, modal, bibit perlatan serta lahan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pertanian. Dalam ulasan ini akan dibahas apa saja yang harus kita tahu tentang tanaman cabai.        

Baca Juga : Cara Menanam paprika

Persiapan Yang Dibutuhkan    

Kita memerlukan persiapan terlebih dahulu yang berkaitan dengan dengan penanaman tanaman cabai

  • Lahan yang digarap

Tanah atau lahan sangat kita butuhkan karena  ini merupakan hal pokok dan uatama dalam sebuah penanaman.

  • Modal ; selain tanah yang perlu kita persiapkan adalah plastic mulsa, tanaman atau bibit, obat-obat tanaman dan pupuk organic.

Waktu yang pas untuk menanam cabai adalah musim penghujan atau dalam jawa disebut masa ke V (lima).

Benih bibit yang biasa di tanam adalah jenis 42 dan JEKO. Benih bibit ini sangat direkomendasikan para petani untuk disemai. Benih yang telah disemai selama 30 hari harus disirami dan ditutup dengan plastic. Setelah benih tumbuh menjadi bibit sekitar 5cm maka bibit siap tanam.

Langkah Persiapan Lahan

  • Menyiapkan (Tanah)

Tanah di cangkul dengan kedalaman 40cm diratakan sehingga terlihat tertatata dan rapi. Tujuan tanah diratakan adalah agar rataan struktur tanah bagus.

  • Mengukur  Garis Diameter Tanah

Tanah yang telah dicangkul di ukur dan diberi garis  dengan panjang sesuai ukuran lahan. Namun standard biasanya adalah 10 Meter dan lebarnya 80 Cm.  setelah pengukuran tali raffia dibentangkan untuk menandai tanah yang sudah siap diberi pupuk.

  • Memberi Pupuk Organik

Tanah yang telah diratakan diberi pupuk kandang dan pupuk organic diletakan diatasnya. Tanah yang telah diberi pupuk kemudian ditutup kembali dengan tanah.

  • Menutup Kembali Tanah

Beberapa tahap diatas merupakan langkah yang bertujuan untuk membentuk struktur tanah agar bisa menjadi tanah yang subur. Tanah kemudian di tutup kembali dengan dibuat gundukan rapi.

  • Menutup Tanah dengan Plastik Mulsa

Tanah yang telah dibuat gundukan sebaiknya langsung ditutup dengan plastic mulsa (plastic berwarna hitam dan abu-abu yang digunakan khusus untuk pertanian).

Plastic mulsa dengan panjang dan lebar sesuai panjang lebar tanah yang di garap.

  • Membuat Lubang Pada Plastik Mulsa

Setelah proses penutupan tanah dengan plastic mulsa harus dibuat lubang yang berdiameter 5-7cm. lubang ini dibuat untuk tempat tanaman yang akan tumbuh. Jarak lubang satu ke yang lain adalah 5 cm.

  • Lahan di Diamkan Selama 6 Hari

Hal ini bertujuan agar pupuk dan komponen lain didalam tanah bisa terurai dengan baik.

Langkah Penanaman

Proses akhir yang dilakukan adalah menanam. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam proses ini antara lain :

  • Bibit di pilih lalu ditanam dalam lubang yang didiamkan selama 6 hari tadi. Proses ini biasanya disebut tanam maju (Taju).
  • Setiap satu pekan atau satu minggu tanaman diberi pupuk organic dan obat-obat organic.
  • Pupuk khusus juga diberikan untuk merangsang pertumbuhan tanaman terutama daun dan penyubur tanaman.
  • Pada saat berumur 3 bulan pupuk di ganti dengan pupuk isi yang fokus untuk pertumbuhan isi cabai agar bagus dan berbobot. Pupuk yang digunakan biasanya adalah Antoriso.
  • Pada tahap akhir adalah menunggu masa panen dengan tetap melakukan perawatan tanaman yaitu memberikan pupuk-pupuk dan menghilangkan rumput ilalang yang tumbuh di sekitar tanaman.

Demikian beberapa ulasan tentang penanaman cabai. Langkah yang dilakukan dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Semoga bermanfaat. dan apabila teman teman ingin mempelajari cocok tanam tumbuhan yang lain silahkan bisa kunjungi website uplur.com

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

About Sa Imam

Check Also

Cara Menanam Jambu Mete

Jambu yang memiliki bentuk unik ini berbeda dengan Jambu biasanya. Letak perbedaannya terletak pada bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *