Perikanan

Cara Membersihkan Aquarium Bagi Pemula [Mudah Di Pahami]

Apakah sahabat kebingungan saat membersihkan aquarium ? takut akan merusak kondisi aquarium yang baru dan ikan yang masih cantik  ? jangan khawatir pada kesempatan ini lingkuptani.com akan berbagi informasi mengenai cara membersihkan aquarium khusunya bagi pemula .

Sahabat bisa melihat kerak-kerak yang menempel di aquarium dan sudah mengganggu aktivitas ikan didalamya. Apa saja sih yang harus di lakukan ? simak ulasannya yuk.

#1. Siapkan Peralatan Pembersih Aquarium

  • Siapkan selang pembersih atau penyedot air aquarium. Selang ini bisa kita temukan di pasaran dengan harga 15 ribu ya sahabat. Sangat terjangkau bukan ?
  • Siapkan spons atau gabus yang biasa digunkan untuk mencuci piring. Shabat bisa dapatkan spons dengan harga 2 ribu saja.

Perlu di ingat

Untuk mengganti air aquarium minimal 20% dari air aquarium atau 50% dari air aquarium saja lalu slain dengan air yang baru

#2. Masukan Selang Ke Dalam Aquarium

Langkah selanjutnya sahabat langsung saja masukan selang ke dalam aquarium untuk membersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada kaca aquarium. Dengan meratakan penggunaanya.

Jika air sudah sudah di sedot sebanyak 50% maka langsung kita memberishkannya.  Secara tidak langsung air akan berkurang lalu beralih ke tahap selanjutnya.

#3. Bersihkan Aquarium Dengan Spons

Ambil spons yang sudah kita siapkan lalu masukan ke dalam aquarium dengan terlebih dahulu membersihkan bagian pinggir dan bagian bawah aquarium. Jangan lupa semua sisi pastikan sampai bersih ya sahabat.

Pastikan semua sisi aquarium sudah dibersihkan dengan spons semua ya sahabat.

Air akan terlihat sangat kotor karena kerak yang menempel [pada aquarium akan berjatuhan.

#4. Hidupkan Gelembung Aquarium

Setelah aquarium dibersihkan kotoran yang menempel turun maka air aquarium memerlukan ganti yang bagus. Nah sahabat langkah selanjutnya adalah hidupkan gelembung air dalam aquarium melalui pompoa selang yang sudah disiapkan tadi.

Gelembung udara digu akan untuk sirkulasi air yang bertujuan agar menyedot kotoran yang ada di dalam aquarium termasuk debu dan kerak.

Biarkan kisaran 5-10 menit agar kotoran yang terbang didalam air bisa hilang dan ikan tidak mengalami stress. 

#5. Masukan Air Salinan

Masukan air ke dalam aquarium untuk mengganti air yang kotor sahabat.

Air yang digunkan sebaiknya air gallon atau air hujan yang sudah diendapkan karena tidak mengandung kaporit.

Manfaat Membersihkan Aquarium

  • Udara di dalam aquarium dapat berganti secara baik dan bisa membantu daya tahan hidup ikan karena sirkulasi udara yang bagus,.
  • Mencegah ikan agar tidak gampang terkena penyakit.
  • Membantu menghilangkan kerak aquarium agar tidak menjadi jamur.
  • Mengurangi stress pada ikan dalam aquarium.

Begitu sahabat informasi tentang bagaimana sih membersihkan aquarium bagi pemula tentunya langkah ini adalah paling mudah dilakukan ya karena menggunakan alat seadanya dan praktis. Peralatan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemukan di mana saja jadi jangan khawatir.

Sahabat bisa mempraktikan cara ini dimana saja kapan saja tanpa kerepotan. Air aquarium yang bersih akan berdampak pada ikan yang dipelihara juga sahabat. Stress pada ikan tidak jarang karena kondisi air aquarium yang kotor. So , ingat baik-baik jadwal kebersihannya ya.

Kebersihan juga di butuhkan ikan,  lestari kita wujudkan pada hobi yang tidak lupa memperhatikan keindahan juga kebersihannya ya sahabat.

Tetap dukung lingkuptani.com untuk memberikan informasi menarik lainnya dengan memberikan feedback pada kolom komentar di bawah ini ya. …

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *