Breaking News

Cara Budidaya Buah Semangka

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Sahabat lingkuptani ada yang memiliki favorit buah semangka yang selalu menjadi pencuci mulut setelah makan? Buah ini yang paling umum kita kenal dengan warna merah memilki kadar air yang cukup banyak.

Buah ini biasanya wajib disajikan dalam menu makanan restoran atau catering yang melayani pesanan. Siapa sangka buah ini juga memiliki nilai ekonomis sahabat. Budidaya buah semanga sudah mulai banyak diminati, lalu bagaimana cara budidaya buah semangka yang benar sahbat ?

Kali ini lingkuptani.com akan membahas bagaimana cara budidaya buah semangka yang baik dan benar sehingga bisa mendapatkan hasil dan keuntungan yang maksimal. Mari simak beberapa ulasan berikut ini.

Baca Juga : Budidaya Mentimun Organik

Syarat Tumbuh Tanaman Semangka

  • Tanaman semangka sangatlah cocok pada daerah yang memiliki curah hujan sekitar 40-50 mm setiap bulannya. Selain itu buah semangka akan tumbuh dengan baik apabila ditanam pada suhu sekitar 20 derajat Celcius.
  • Selain itu sahabat daerah yang sangat cocok untuk menanam buah semangka adalah daerah yang kering dan cenderung minim dengan uap air. Tanaman semangka sangat cocok untuk diatanam pada lahan yang tidak memiliki naungan atau lahan terbuka yang terkena mayahai secara langsung.
  • Kurangnya sinar matahari dapat membuiat proses pemanenan bisa terhambat. Buah semangka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa matang secara sempurna. Sedangkan lahan yang cocok yaitu lahan yang gembur dan memiliki unsur hara yang tinggi.
  • Lahan tanaman yang baik untuk menanam semangka harus memiliki PH sekitar 6-6,7. Jika kondisi tanah belum memenuhi unsur kritteria tersebut sebaiknya sahabat melakukan proses pengapuran sampai PH tanah sesuai.

#Pengolahan Lahan Semangka

  • Sebelum memindahkan bibit ke lahan tanam maka terlebih dahulu lakukan pembersihan. Usahakan lahan yang akan ditanami semangka terbebas dari pengganggu seperti gulma,tanaman liar dan batu-batuan.
    Setelah lahan bersih lakukan pembedengan agar aliran air mudah menyerap ke dalam tanah. Tanaman semangka tidak terlalu suka dengan lahan basah sehingga perlu menjaganya agar lahan tetap kering.
    Berbeda dengan tanaman lain usahakan sebelum menanam tambhan unsur hara ke dalam tanaman. Sahabat bisa menggunakan pupuk organic atau pupuk kandang sebelum proses penanaman. Apabila unsur hara sudah cukup maka lahan siap untuk ditanami bibit semangka.
  • Langkah selanjunya yaitu membuat lubang pada bedengan seminggu sebelum proses penanaman dengan ukuran 30 x 30 x30 cm. sedangkan untuk kedalaman lubang tanam sekiatar 8-10 cm sahabat.
    Tambahkan pupuk dengan komposisi pupuk 4 Kg, pupuk DS 20 Kg, serta pupuk ZA & ZK 15 gram.

#Persiapan Benih Semangka

  • Untuk menghasilkan buah yang bagus tentunya harus dengan memilih benih yang berkualitas sahabat.
  • Setelah proses pemilihan bibit semangka telah selesai maka langkah selanjutnya adalah perendaman biji semangka selama 30 menit. Setelah biji direnggangkan langsung direndam didalam air bersama campuran air hangat,hormone tumbuh,bakterisida dan fungisida.
  • Angkat dan tiriskan biji hingga kering lalu biji semangka siap untuk dicambahkan lalu ditanam. Biasanya bibit yang sudah disemai bisa dipibdahkan ke lahan ketika sudah berumur 4 minggu.

#Cara Menanam Semangka

  • Apabila bibit yang telah disemai berusia 4 minggu maka bisa langsung kita pindahkan ke lahan yang siap.
  • Sebelum bibit dipindah ke dalam bedengan lakukan penyiraman lahan terlebih dahulu. Setelah itu bibit semangka ditanam pada lahan yang telah dipersiapkan. Kemudian tutup kembali lubang dengan tanah yang tipis.

#Pemeliharaan Tanaman Semangka

  • Lakukan penyiangan untuk membersihkan tanaman dari gulam dan rerumputan liar yang dapat mengganggu pertumbuhan buah semangka.
  • Lakukan penambahan nutrisi dan pupuk NPK dengan menyebarkan sekitar tanaman dengan jarak 10 cm pada lubang tanam.

#Panen Budidaya Semangka

  • Semangka yang siap dipanen memiliki ciri dengan ditandai dengan daun buah yang layu. Buah juga sudah memiliki kemantapan berat dan apabila di panen sudah siap.
  • Namun pemanenan setiap daerah berbeda-beda. Tetap lakukan perawatn ya sahabat.

Baca Juga : Cara Budidaya Jamur Enoki

Demikian sahabat beberapa informasi tentang cara budidaya semangka yang baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

About Sa Imam

Check Also

Cara Menanam Jambu Mete

Jambu yang memiliki bentuk unik ini berbeda dengan Jambu biasanya. Letak perbedaannya terletak pada bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *